Kamis, 02 Januari 2020

MACAM-MACAM KESENIAN



Dalam setiap harinya secara sadar maupun tidak sadar apapun yang kita lakukan dan kerjakan hampir seluruhnya berkaitan dengan seni. Cara kita memandang dsn mengerjakan sesuatu hal juga merupakan seni karena setiap kita meiliki selera, pandangan, dan pendapat sendiri tergandung cara pandang kita masing-masing dalam mengambil kesimpulan. Semi sendiri mempunyai cakupan yang cukup luas cukup tidak dapat dibatasi oleh suatu penjelasan yang harafiah. Namun secara garis besar seni merupakan ekspresi yang diciptakan manusia dsan memiliki unsur keindahan atau unsur estetika yang dapat dituangkan menjadi suatu karya. Dimana karya tersebut dapat dinikmati oleh kelima panca indra dan dapat mempengaruhi perasaan seseorang dalam hal tersebut. 

Terdapat 5 jenis seni yang tersebar diseluruh Indonesia dan macam-macamnya dikenal sebagai kesenian daerah dimana karya-karyanya diakui oleh negara dan menjadi harta kebanggan negara kita. Seni sendiri terdiri dari 5 jenis, yiutu seni tari, seni rupa, seni music, seni teater, dan seni sastra. Kali ini kita akan melihat contoh-contoh 5 jenis seni itu ke dalam macam-macam kesenian daerah yang tersebar di Indonesia. Macam-macam kesenian daerah : 

1. Seni Tari, adalah seni yang menggunakan gerakan tubuh secara berirama yang dilakukan di tempat dan waktu tertentu untuk keperluan mengungkapkan perasaan, maksud dan pikiran. 

· Tari Tradisional Serimpi, merupakan tari tradisional yang menjadi identitas bagi daerah Yogyakarta dalam bidang seni gerak. Pada zaman dahuku tarian ini selalu di pertunjukan untuk menyambut setiap adanya acara pergantian Raja di daerah Jawa Tengah. Ciri khas dari tarian serimpi ini adalah setiap penari wanitanya memakai pakaian pengantin seperti pengantin putri keraton. Tarian ini akan menggambarkan seorang wanita yang memiliki kepribadian yang santun dan beretika serta menjunjung tinggi harkat dan martabat. Hal ini akan digambarkan dari jenis geraknya yang sangat lemah gemulai dan diiringi oleh music gamelan. 

· Tari Tradisional Ronggeng Bugis, tarian ini berasal dari daerah Cirebon dimana tarian ini bersifat komedi dan bertujuan untuk menghibur para penikmat seni. Tarian ini ditarikan oleh 10 – 20 orang laki-laki namun memakai aksesoris, kostum, dan dandanan layaknya wanita. Para penari ini juga akan menari dan menunjukan gaya bahasa tubuh seperti perangai seorang wanita. Tari tradisional bugis memiliki sejarah yang berkaitan dengan Sunan Gunung Jati yang berkedudukan sebagai Raja Cirebon. Saat itu, terjadi ketegangan antara Kerajaan Cirebon dan Kerajaan Padjajaran yang merupakan kerajaan islam. Raja Sunan Gunung Jati akhirnya menyuruh kerabat kerajaan dari suku bugis untuk menyamar sebagai seorang penari untuk mengawasi Kerajaan Padjajaran. Cara penyamaran ini digambarkan dan dilestarikan melalui tari tradisional ronggeng bugis yang diiringi oleh gendang, kelenang, krecek, dan gong kecil. 

2. Seni Rupa, adalah cabang seni yang membentuk karya seni dengan media yang bisa ditangkap mata dan dirasakan dengan rabaan. 

· Lukisan Badai Pasti Berlalu, lukisan ini merupakan karya dari Affandi yang bermakna seseorang yang ingin mengarungi kehidupan. Makna tersebut juga tergambar dalam lukisannya yang terdapat perahu dan matahari. Lukisan dari Affandi ini memang memiliki makna dalam yang ada di setiap lukisannya, 

· Lukisan Penari dari Bali, Rustamadji adalah salah satu tokoh terkenal di bidang macam-macam kesenian di Indonesia khususnya seni rupa. Rustamadji adalah maestro asal Jawa Tengah yang sudah banyak sekali menghasilakan lukisan, salah satunya adalah lukisan penari di Bali yang menggambarkan keindahan seorang penari Bali yang dimiliki oleh Indonesia. 

3. Seni Musik, adalah cabang seni yang menggunakan media bunyi sebagai sarana pengungkapan ekspresi senimannya. 

· Music Sasando Gong, music tradisional ini berasal dari Nusa Tenggara Timur yang berada di Pulau Rote. Musik ini dihasilkan dari permainan alat musik yang bernama sasando. Music ini dimainkan saat upacara penyambutan tamu dan sebagai hiburan saat ada acara-acara yang dibuat oleh masyarakat setempat. Sasando ini mirip seperti kecapi yang dimainkan dengan cara dipetik dengan suara yang sangat khas. 

· Musik Tabuh Salimpat, Lampung merupakan pemilik dari musik Tabuh Salimpat ini. Musik ini memiliki ciri khas dengan musiknya yang penuh tabuhan dan petikan. Dalam permainan music ini, alat music yang menonjol adalah kerenceng dan gambus lunik. Music ini dahulu dimainkan saat upacara adat, pengiring tari dan digunakan sebagai bentuk komunikasi yang dikemas dalam bentuk lagu yang bersahut-sahutan. 

4. Seni Teater, adalah salah satu jenis kesenian berupa pertunjukan drama yang dipentaskan diatas panggung. Secara spesifik, seni teater adalah seni drama yang menampilkan perilaku manusia dengan gerak \, tari, dan nyanyian yang disajikan lengkap dengan dialog dan acting para pemainnya. 

· Sanghyang, merupakan salah satu macam kesenian daerah dalam bidang teater dan dipadu padankan dengan tarian. Kesenian teater ini berasal dari daerah pulau Bali. Sanghyang tidak hanya menjadi sebuah seni teater tetapi juga menjadi tradisi yang memiliki makna khusus. Sanghyang ini ditarikan secara religious dalam acara yang khususuntuk menolak bahaya, bencana dan penyakit. Ciri khas dari seni teater ini adalah memasukkan unsur magis di dalamnya. Saat acara ini berlangsung biasanya akan banyak yang mengalami kesurupan karena di masuki oleh roh-roh seperti bidadari khayangan samapi binatang yang bisa merusak seperti monyet, babi hutan, dan lain sebagainya. 

· Reog, merupakan kesenian daerah yang berasal dari Ponorogo. Dalam pertunjukan reog, tidak terdapat dialog yang dilafalkan oleh para pemainnya. Namun reog tetap dapat dikategorikan sebagai seni teater yang ada di Indonesia. Reog memiliki ciri khas yang sangat mudah untuk dikenali. Saat pertunjukan reog, para pemainnya akan menggunakan topeng yang besar dan tinggi menyerupai wajah singa. Ketika pertunjukan telah mencapai puncak, unsur magis pun tidak dapat terelakan dan dapat membuat pemainnya mengalami kesurupan. 

5. Seni Sastra, merupakan sebuah seni yang menjadikan bahasa sebagai media, dapat diartikan sebagai cabang seni yang didalamnya berisi segala Sesutu baik lisan maupun tulisan yang mengandung unsur keindahan, seni, imajinatif dari hasil karya seseorang yang hasilnya bisa dinikmati karena memiliki factor keunggulan dan artistik. 

· Dongen Timun Mas, merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang dibuat sebagai hasil karya seni sastra. Dongeng ini menceritakan tentang seorang janda yang mendapatkan anak dari sebuah biji mentimun yang diberi nama Timun Mas dari seorang raksasa. Raksasa ini bernama buto ijo dan akan diambil kembali di umur si anak yang ke – 17. Dongen ini menceritakan bagaimana kisah perjalanan Timun Mas melawan buto ijo ciri khas dari dongeng ini adalah seorang anak yang diberi 3 macam bekal untuk melawan buto ijo. 

· Puisi Mata Hitam, merupakan karya dari WS. Rendra salah satu tokoh Indonesia yang melestarikan kesenian di bidang karya sasta berupa puisi. Puisi mata hitam merupakan salah satu karyanya yang menceritakan rasa rindu yang teramat dalam akan kenangan-kenangan masa lalu. Puisi ini memiliki ciri khas yang puitis dan menggambarkan tentang perasaan seseorang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar