Kamis, 02 Januari 2020

PENGERTIAN KESENIAN



Pengertian seni dalam bahasa Indonesia memiliki riwayat peristilahannya sendiri yang tidak sederhana, baik di pandang dari segi terminologis mau pun etimologisnya. Hal ini mulanya disebabkan oleh ketiadaan padanan istilah yang pas dalam bahasa Indonesia atau Melayu untuk konsep art dalam bahasa Inggris atau kunst dalam bahasa Belanda. 
Asal mula kata seni dalam bahasa Indonesia tidak begitu jelas dan memiliki banyak teori, diantaranya adalah :

· Kata seni dari bahasa Melayu Riau ( Sungai Rokan ) sonik yang berasal dari kata ‘so’ atau ‘se’ artinya adalah satu, berasal dari bahasa sansekerta ‘swa’ ( satu ) , yang di gabung dengan kata ‘nik’ yang artinya sesuatu yang sangat kecil atau halus. Kata sonik atau sonit atau seni berarti suatu yang halus bentuk rupa mau pun sifatnya. 

· Kata seni dari bahasa sansekerta sani yang artinya persembahan, pelayanan dan pemberian yang tulus.

· Kata seni dari bahasa Belanda genie yang artinya kemampuan luar biasa yang di bawa sejak lahir. Seperti makna ke – 3 kata seni dalam kamus KBBI yang berarti genius. 

Ada beberapa pengertian kesenian menurut para ahli. Kesenian merupakan salah satu bagian dari budaya serta sarana yang dapat digunakan sebagai cara untuk menuangkan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Kesenian selain sebagai sarana untuk mengekspresikan rasa keindahan, juga memiliki fungsi lain. Misalnya, mitos berguna dalam menentukan sebuah norma untuk mengatur perilaku yang teratur dan meneruskan adat serta nilai – nilai kebudayaan. Pada umumnya, kesenian dapat berguna umtuk mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat. 

Kesenian sebagai salah satu unsur kebudayaan dikenal 2 tipe kesenian yaitu kesenian yang bersifat fleksibel ( berubah-ubah ) dan kesenian yang bersifat normative ( tetap ). Pada dasarnya seni mempunyai fungsi hiburan dan fungsi ritual. Seni yang berupa hiburan cenderung fleksibel. Sementara seni yang berupa ritual cenderung tetap. 

Seni pada mulanya adalah proses dari manusia, dan oleh karena itu merupakan sinonim dari ilmu. Dewasa ini, seni bisa dilihat dalam inti sari ekspresi dari kreativitas manusia. Seni juga dapata diartikan dengan sesuatu yang di ciptakan manusia yang mengandung unsur keindahan. 

Seni sangat sulit untuk dijelaskan dan sangat sulit untuk di nilai. Bahwa masing – masing individu artis memilih sendiri peraturan dan parameter yang menuntunnya atau kerjanya, masih bisa dikatakan bahwa seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu. 

Suatu set nilai – nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, sekalipun demikian, banyak seniman dapat pengaruh dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbiolisme dan bentuk ( seperti bakung yang bermakna kematiaan dan mawar merah yang berarti cinta ). 


Seni menurut media yang digunakan terbagi menjadi 3 yaitu :

1. Seni yang dapat di nikmati melalui meda pendengaran atau ( audio art ), misalnya seni musik, seni suara, dan seni sastra seperti puisi dan pantun.

2. Seni yang dapat di nikmati dengan media penglihatan ( visual art ) misalnya lukisan, poster, seni bangunan, seni gerak beladiri dan sebagainya.

3. Seni yang dapat di nikmati melalui media penglihatan dan pendengaran ( audio visual art ) misalnya pertunjukan music, pagelaran wayang dan film.

Berikut pengertian kesenian menurut para ahli :

a. Kottak : seni sebagai hasil ekspresi, kualitas, atau alam keindahan atau segala hal yang dapat melebihi keasliannya dan klasifikasi objek – subjek terhadap kriteria estetis.

b. Kuntjaraningrat : kesenian ialah kompleks dari berbagai ide-ide, norma-norma, gagasan, nilai-nilai serta peraturan dimana kompleks aktivitas dan tindakan tersebut berpola dari manusia itu sendiri dan pada umumnya berwujud berbagai benda-benda hasil ciptaan manusia. 

c. William A. Haviland : kesenian merupakan keseluruhan system yang dapat melibatkan proses penggunaan dari imajinasi manusia secara kreativ pada kelompok masyarakat dengan suatu kebudayaan tertentu.

d. J.J Hogman : kesenian merupakan sesuatu yang memiliki beberapa umsur diantaranya unsur ideas,activities,serta artivafatcs.

e. Irving Stone : kesenian merupakan sebuah kebutuhan pokok. Seperti hal nya roti atau mantel hangat yang digunakan pada musim dingin. Mereka mengira bahwa kesenian merupakan barang mewah, pikiran nya tidak utuh. Menurut Irving stone,roh manusia akan menjadi lapar akan kesenian sepeti pada saat perut yang keroncongan minta makan.

f. Alexander Baum Garton : seni adalah keindahan dan seni adalah tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa dalam kebahagiaan.

g. Aristoteles : seni adalah bentuk yang pengungkapannya dan penampilannya tidak pernah menyimpang dari kenyataan dan seni itu adalah meniru alam.

h. Immanuel Kant : seni adalah sebuah impian karena rumus – rumus tidak dapat mengihtiarkan kenyataan.

Berdasarkan penelitian oleh para ahli, seni sudah ada di dunia sejak kurang lebih sekitar 60.000 tahun lalu. Buktinya terdapat dinding-dinding gua di negara prancis bagian selatan. Yaitu berupa lukisan torehan-torehan pada dinding yang menggunakan warna yang menggambarkan kehidupan pada zaman manusia purba. Artefak ini mirip lukisan modern yang kaya akan ekspesi. Hal ini dapat di lihat dari kebebasan dalam merubah benruk. Satu hal lagi yang merupakan perbedaan karya seni manusia purba dengan modern yaitu terletak pada tujuan penciptaan seni tersebut. Manusia purba membentuk karya seni atau penanda kebudayaan yang snagat di pengaruhi kekuatan-keuatan yang ada di sekitarnya. Sedanhgkan karya seni manusia modern membentuk karya seni yang digunakan hanya untuk kepuasan pribadi serta menggambarkan kondisi di lingkungannya. Dengan kata lain manusia modern merupakan sosok yang mempunyai keinginan untuk menemukan hal-hal baru serta memiliki cakrawala berfikir yang lebih luas dibandingkan dengan manusia purba. 

Berbicara mengenai pengertian kesenian kita tidak hanya membahas mengenai musik atau tari saja tetapi melihat unsur lain yang tersembunyi dibalik buah kemampuan pikir yang dibarengi dengan kemampuan fisik manusia. Seperti halnya yang disebut oleh sebagian besar seniman. Menurut seniman, kesenian merupakan hasil dari unsur budaya manusia. Budaya manusia tersebut tidak lain adalah rasa. 

Jika anda berniat menilik ke belakang anda tentu akan melihat seberapa jauh perkembangan seni yang terjadi di Indonesia. Sebagai negara yang di kenal dengan warisan budayanya, Indonesia memiliki beragam kisah budaya yang tidak dapat disebutkan satu per satu. Ditengah kemajuan seperti ini, sejauh apa perbedaan kesenian masa lampau dengan modern. Pertama, jika manusia purba membuat kesenian karena di pengaruhi kekuatan di sekitarnya, manusia modern membuat kesenian dari tujuan penciptanya yang tidak jarang digunakan sebagai wujud kepuasan pribadi. Kedua, unsur magis sangat kental pada kesenian zaman dahulu. Hal tersebut berdasar pada adanya kepercayaan magis sebagai wujud kebudayaan manusia seperti memuja alam. Lain hal nya dengan kesenian saat ini yang jauh lebih berkembang dan sampai pada tahap dimana anda dapat menentukan kreasi dan inovasi teknologi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar