Rabu, 18 Desember 2019

SYARAT PENARI SINTREN








                    SYARAT PENATI SINTREN
      
        Untuk menjadi penari Sintren ada beberapa syarat yang harus di miliki calon penari, terutama sebagai penari Sintren harus masih gadis atau masih perawan karena penari Sintren harus dalam keadaan suci. Selain itu para penari Sintren di wajibkan berpuasa terlebih dahulu, agar tubuh si penari tetap dalam keadaan suci dan menjaga tingkah lakunya agar tidak berbuat dosa dan berzina. Sehingga dapat menyulitkan bagi roh ataun dewa yang akan masuk dalam tubuhnya.

 Untuk menjadi penari Sintren ada beberapa syarat yang harus dimiliki calon penari, terutama sebagai penari Sintren harus masih gadis atau masih perawan karena penari Sintren harus dalam keadaan suci. Selain itu, para penari Sintren diwajibkan berpuasa terlebih dahulu agar tubuh si penari tetap dalam keadaan suci dan menjaga tingkah lakunya agar tidak berbuat dosa dan berzinah. Manakala kondisi yang demikian ini tidak dipenuhi penari, maka akan menyulitkan bagi roh atau dewa yang akan masuk ke dalam tubuhnya.



Busana yang digunakan oleh penari Sintren adalah baju golek, yaitu baju tanpa lengan yang biasa digunakan dalam tari golek. Pada bagian bawah, biasanya menggunakan kain jarit dan celana cinde. Untuk bagian kepala, biasanya menggunakan jamang, yaitu hiasan untaian bunga melati di samping kanan dan koncer di bagian kiri telinga. Aksesoris yang digunakan, biasanya adalah sabuk, sampur, dan kaos kaki. Selain itu yang juga sebagai ciri khas dari penari Sintren adalah kaca mata hitam yang berfungsi sebagi penutup maata  Warna Baju Penari Sintren di Cirebon memiliki warna yang cerah yang melambangkan kegembiraan atau kesenangan, jika ditelusuri dalam sejarah Sintren itu merupakan kesenangan di saat nelayan pulang. Kacamata hitam alam tarian Sintren menganalogikan bahwa kalau melihat itu seharusnya memakai. untuk menjadi seorang penari  sintren maka penari tersebut harus dalam keadaan suci dan bersih,sebelum melakukan pementasan maka sang penari harus melakukan puasa terlrbih dahulu dan menjaga agar tidakberbuat dosa,hal ini ditunjukan agar roh tidak akan mengalami kesulitan untuk masuk dalam roh.

Menari adalah aktivitas yang juga merupakan bentuk olahraga.Tarian tidak hanya memerlukan wajah cantik,tetepi banyak latihan dan kerja keras.Namun,jika anda punya bakat,kepercayaan diri ,dan kesabaran,Anda dan latar belakang.jika Anda merasa terpanggil,ikut suaranya tarian melibatkan gaerah ,membuat anda rileks dan jujur kepada diri sendiri.walaupun tidak bisa menari dengan sempurna,Anda harus menari dengan cinta.jika senang menari,Anda akan bisa menari dengan abaik.Untuk menjadi penari Sintren ada beberapa syarat yang harus dimiliki calon penari, terutama sebagai penari Sintren harus masih gadis atau masih perawan karena penari Sintren harus dalam keadaan suci. Selain itu, para penari Sintren diwajibkan berpuasa terlebih dahulu agar tubuh si penari tetap dalam keadaan suci dan menjaga tingkah lakunya agar tidak berbuat dosa dan berzinah. Manakala kondisi yang demikian ini tidak dipenuhi penari, maka akan menyulitkan bagi roh atau dewa yang akan masuk ke dalam tubuhnya

yang digunakan Oleh penari sintren adalah baju golek,ya it u baju Tampa lengan yang bias a digunakan DA lam tati golek.pads bagian bawah,biasanya menggunakan kain jrtit Dan celana cinde.Untuk bagian kepala, biasanya menggunakan jamang,yaitu hiasan untaian bunga melati disamping kanan dan koncer dibagian kiri telinga.Aksesoris yang digunakan,biasanya adalah sabuk,samlur,Dan Kala kaki.selain ITU yang juga sebagai ciri khas dari penari sintren adalah kacamata Hiram yang berlungsi sebagai penutup kepala.

Warna Baju Penari Sintren di Cirebon memiliki warna yang cerah yang melambangkan kegembiraan atau kesenangan, jika ditelusuri dalam sejarah Sintren itu merupakan kesenangan di saat nelayan pulang. Kacamata hitam alam tarian Sintren menganalogikan bahwa kalau melihat itu seharusnya memakai mata hati






Tidak ada komentar:

Posting Komentar