Selasa, 21 Januari 2020

MACAM MACAM SENI


Hasil gambar untuk gambar macam macam seni



Dalam setiap hari nya secara tidak sadar maupun tidak sadar apapun yang kita lakukan dan kerjakan hampir seluruh nya berkaitan dengan seni. Cara kita memandang dan mengerjakan sesuatu hal juga merupakan seni karena setiap kita memiliki selera, pandangan, pendapat sendiri tergantung cara pandang kita masing masing dalam mengambil kesimpulan. Seni sendiri mempunyai cakupan yang cukup luas yang ttidak dapat di batasi oleh suatu penjelasan. Tetapi secara garis besar seni merupakan ekspresi yang di ciptakan manusia dan memiliki unsur keindahan atau unsur estetika yang dapat di tuangkan menjadi suatu karya. Dimana karya tersebut dapat di nikmati oleh kelima panca indera dan dapat mempengaruhi perasaan seseorang terhadap hal tersebut
.

Terdapat lima jenis seni yang tersebar di seluruh Indonesia dan macam macam nya di kenal sebagai kesenian daerah dimana karya karya nya di akui oleh negara dan menjadi harta kebanggaan negeri kita. Seni terdiri dari lima jenis yaitu Seni Tari, Seni Rupa, Seni Musik, Seni Teater, dan Seni Sastra. Dibawah ini merupakan contoh contoh dari kelima jenis seni dalam macam macam kesenian daerah yang tersebar di Indonesia.

1. Seni Tari

· Tari Tradisional Serimpi

Tari serimpi merupakan tari tradisional yang menjadi identitas bagi daerah Yogyakarta dalam bidang seni gerak. Pada zaman dulu tarian ini selaku di pertunjukan untuk menyambut setiap adanya acara pergantian Raja di daerah Jawa Tengah. Ciri khas tarian serimpi ini adalah setiap penari wanita nya memakai pakaian pengantin seperti pengantin putri keraton. Tarian ini akan menggambarkan seorang wanita yang memiliki kepribadian yang santun dan beretika serta menjungjung tinggi harkat dan martabat, hal ini akan di gambarkan dari jenis gerak nya yang sangat lemah gemulai dan di iringi oleh musik gamelan.

· Tari Tradisional Ronggeng Bugis

Tari tradisional ini berasal dari daerah Cirebon dimana tarian ini bersifat komedi dan bertujuan untuk menghibur para penikmat seni. Tarian ini ditarikan oleh 10-20 orang laki laki namun memakai aksesoris, kostum dan dandanan layaknya wanita. Para penari ini juga akan menari dan menunjukan gaya bahasa tubuh seperti perangai seorang wanita.

2. Seni Rupa

· Batik

Batik merupakan kain yang di hias menggunakan canting atau printing. Teknik membatik menjadi ciri khas dari salah satu dari macam macam kesenian daerah di Indonesia. Batik yang paling terkenal saat ini adalah batik Solo dan batik Pekalongan. Ciri khas batik ini adalah adanya motif atau ukiran ukiran yang khas pada sebuah kain.

· Tenun

· Tenun juga merupakan salah satu kesenian Indonesia yang terkenal. Hanya saja menenun memiliki tingkat kerumitan yang cukup tinggi. Sehingga biasa nya hanya orang orang yang terlatih yang dapat menenun. Ciri khas dari tenun adalah adanya sebuah alat yang di pakai dan terlihat seperti memilin milin benang dan akhirnya akan menciptakan suatu motif. Hasil tenun inni tergolong memiliki nilai jual yang cukup tinggi karena kerumitan dalam proses pembuatan nya.

3. Seni Musik

· Musik Sasando Gong

Musikk tradisional ini berasal dari Nusa Tenggara Timur yang berada di pulau Rote. Msuik ini dihasilkan dari permainan alat musik bernama Sasando. Musik ini dimainkan saat upacara penyambutan tamu dan sebagai hiburan saat ada acara acara yang dibuat oleh masyarakat setempat. Sasando ini mirip seperti kecapi yang dimainkan dengan cara di petik dengan suara yang sangat khas.

· Musik Tabuh Salimpat

Musik tradisional ini berasal dari lampung. Musik ini memiliki ciri khas dengan musiknya yang penuh tabuhan dan petikan. Dalam permainan musik ini alat musik yang menonjol adalah kerenceng dan gambus lunik. Musik ini dahulu dimainkan saat upacara adat, pengiring tari, dan di gunakan sebagai bentuk komunikasi yang dikemas dalam bentuk lagu yang bersahut sahutan.

4. Seni Teater

· Lenong

Kesenian lenong iini sudah sangat di kenal sebagai kesenian yang lahir dari daerah asal nya yaitu Betawi. Lenong memiliki ciri khas berupa penggunaan bahasa yang kental dengan logat Betawi serta di isi dengan banyolan dan cerita komedi yang akan menghibur para penonton.

· Reog

Reog merupakan kesenian daerah yang berasal dari Ponorogo. Dalamm pertunjukan reog, tidak terdapat dialog yang di hafalkan oleh para pemain nya. Namun reog tetap dapat di katagorikan sebagai seni Teater yang ada di Indonesia. Reog memiliki ciri khas yang sangat mudah untuk di kenali. Saat pertunjukan reog, para pemain nya akan menggunakan topeng yang besar dan tinggi yang menyerupai wajah singa. Ketika pertunjukan telah mencapai puncak, unsur magis pun tidak dapat terelakan dan dapat membuat pemain nya mengalami kesurupan.

· Ketoprak

Kesenian ketoprak ini sudah ada sejak tahun 1925 dan sangat berkembang di daerah Yogyakarta. Teater tradisional ini biasa nya akan memainkan skenario tentang kisah kisah kerajaan kerajaan kuno. Teater ketoprak ini memiliki ciri khas berupa drama yang di iringi musik menggunakan gendang, kenong, seruling dan lain lain nya.

5. Seni Sastra

· Dongeng Timun Mas

Dongeng merupakan salah satu kekayaan indonesia yang dibuat sebagai hasil karya seni sastra. Dongeng Timun Mas ini menceritakan tentang seorang janda yang mendapatkan anak dari biji mentimun yang diberi nama Timun Mas dari seorang raksasa. Raksasa ini bernama buto ijo dan akan mengambil kembali timun mas sudah berusia 17 tahun. Dongeng ini menceritakan bagaimana kisah perjalanan Timun Mas melawan Buto Ijo. Ciri khas dongeng ini adalah seorang anak yang diberi tiga macam bekal untuk melawan Buto Ijo dan seorang raksasa yang berwarna hijau serta tinggi dan besar

· Dongeng Si Kancil dan Buaya

Dongeng ini menceritakan tentang kecerdikan seekor kancil yang berhasil lepas dari ancaman buaya yang ingin memangsa nya. Namun karena kecerdikan kancil ini, akhirnya buaya hanya dijadikan sebagai sarana untuk si kancil menyebrang sungai. Ciri khas dongeng ini adalah terdapat dua tokoh binatang yaitu kancil yang cerdik dan buaya yang serakah di pinggir sungai

· Puisi Aku Berada Kembali

Puisi yang dikarang oleh Chairil Anwar mengenai perkembangan teknologi yang mempengaruhi kehidupan masyarakat pinggir pantai. Banyak nya kilang kilang minyak yang di dirikan, kapal pengeruk ikan yang menbuat para nelayan pinggir pantai kalah dengan mesin mesin tersebut dalam mendapatkan ikan. Si penulis menceritakan bahwa suasana yang ia rasakan tidak sama seperti dulu saat ia berada di tempat itu. Ciri khas puisi ini adalah adanya makna tersirat berupa penilaian dan kritikan tentang keadaan di zaman itu



Itulah tadi beberapa contoh dari sekian banyaknya macam macam kesenian daerah yang tersebar di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar