Senin, 20 Januari 2020

PENGERTIAN,FUNGSI,TUJUAN DAN MACAM MACAM SENI


 Hasil gambar untuk pengertian kesenian

Sebenarnya apa sih arti seni? Pengertian seni adalah suatu ekspresi perasaan manusia yang memiliki unsur keindahan di dalam nya dan di ungkapkan melalui suatu media yang sifat nya nyata, baik itu dalam bentuk nada, rupa, gerak, dan syair, serta dapat di rasakan oleh panca indera manusia.

Tetapi ada juga yang berpendapat bahwa pengertian seni adalah semua hal yang di ciptakan oleh manusia yang mengandung unsur keindahan dan dapat mempengaruhi perasaan orang lain. Pada inti nya adalah seni merupakan hasil aktivitas batin seseorang yang di nyatakan dalam bentuk karya yang bisa mempengaruhi perasaan manusia.

Selain itu, pengertian seni secara etimologgi berasal dari bahasa sansekerta, yaittu seni yang arti nya adalah pemujaan, persembahan, dan pelayanan. Dengan arti lain seni sangat erat hubungan nya dengan upacara keagamaan yang di sebut juga dengan kesenian.

PENGERTIAN SENI MENURUT PARA AHLI

Beberapa pendapat para ahli tentang definisi seni ini agar kita lebih memahami apa arti seni, berikut ini adalah pengertian seni menurut para ahli:

1. ARISTOTELES

Menurut Aristoreles, pengertian seni adalah suatu bentuk ungkapan dan penampilan yang tidak pernah menyimpang dari kenyataan, dan seni itu meniru alam.

2. PLATO

Menurut Plato, pengertian seni yaitu adalah hasil tiruan alam dan segala isi nya (art imitator naturam)

3. HERBERT READ

Menurut Harbert Read, pengertian seni adalah ekspresi dan penuangan hasil pengamatan dan pengalaman yang di kaitkan dengan perasaan, aktivitas fisik dan psikologis ke dalam bentuk karya

4. THOMAS MUNRO

Menurut Thomas Munro,pengertian seni adalah suatu alat buatan manusia unttuk menimbulkan efek efek psikologis atas manusia lain yang melihat nya

5. LEO TOLSTOY

Menurut Leo Tolstoy, pengertian seni adalah ungkapan perasaan pencipta yang kemudian di ungkapkan pada orang lain dengan harapan mereka dapat merasakan apa yang di rasakan oleh pencipta nya

6. SUDARMAJI

Menurut Sudarmaji, pengertian seni adalah manifestasi batin dan pengalaman estetis manusia dengan memakai media garis, bidang, warna, tekstur, volume, dan gelap terang.

7. KI HAJAR DEWANTARA

Menurut Ki Hajar Dewantara, arti dari seni adalah hasil keindahan sehingga dapat mempengaruhi perasaan seseorang yang melihat nya, dan seni merupakan perbuatan mnusia yang bisa mempengaruhi dan menimbulkan perasaan indah.

8. ALEXANDER BAUM GARTON

Menurut Alexandder Baum Garton, pengertian seni adalah keindahan dan tujuan yang positif menjadikan penikmat merasa kebahagiaan.

9. Drs. POPO ISKANDAR

Menurut Popo Iskandar, pengertian seni adalah hasil ungkapan emosi yang ingin di sampaikan seseorang kepada orang lain dalam kesadaran hidup bermasyarakat atau berkelompok.

10. IMMANUEL KANT

Menurut Immanuel Kant, definisi seni adalah sebuah impian karena rumus rumus tidak dapat menihtiarkan kenyataan.

11. HILARY BEL

Menurut Hilary Bel, pengertian seni adalah istilah yang di gunakan untuk semua karya yang dapat menggugah hati untuk mencari tahu siapa pencipta nya.

12. ERIC ARIYANTO

Menurut Eric Ariyanto, pengertian seni adalah aktivitas rohani atau batin yang di refleksikan dalam bentuk karya dan dapat membangkitkan perasaan seseorang yang melihat atau mendengar nya.

13. ENSIKLOPEDIA INDONESIA

Menurut Ensiklopedia Indonesia, pengertian seni itu sendiri adalah ciptaan dari segala hal, karena keindahan nya maka orang senang untuk melihat nya ataupun mendengarkan nya.

FUNGSI SENI

Berdasarkan beberapa pengertian pengertian seni yang sudah di jelaskan sebelum nya, fungsi seni secara umum adalah sebagai bentuk atau cara penyampaian ekspresi seseorang kepada orang lain dan lingkungan nya. Beberapa fungsi seni dapat di bedakan dalam dua kelompok, yaitu fungsi seni bagi individu dan fungsi seni bagi sosial.

A. Fungsi seni bagi individu

Bagi individu, seni memiliki fungsi sebagai alat pemenuhan kebutuhan mereka. Adapun bentuk kebutuhan tersebut diantara nya:

1. Seni sebagai alat pemenuhan kebutuhan fisik

Manusia adalah makhluk yang mempunyai kecakapan dalam memberi apresiasi pada keindahan dan penggunaan berbagai benda. Dalam proses pemenuhan kebutuhan fisik ini para seniman mempunyai peran penting dalam menciptakan berbagai benda benda bernilai seni untuk pemuasan kebutuhan fisik dan memberikan kenyamanan bagi orang lain.

2. Seni sebagai alat pemenuhan kebutuhan emosional

Emosi adalah perasaan di dalam diri manusia, baik itu perasaan senang, perasaan marah, sedih, haru, cinta, benci, dan lain lain. Semua orang perlu meluapkan perasaan di dalam diri mereka agar kondisi kejiwaan nya tetap normal. Untuk memenuhi kebutuhan emosional tersebut, manusia membutuhkan dorongan dari luar diri nya. Misalnya seseorang yang punya jiwa seni dan estetika akan mengungkapkan emosi nya melalui musik, lukisan. Atau ketika seseorang merasa stress, maka ia membutuhkan waktu untuk rekreasi, nonton bioskop, atau hal lain nya untuk meredakan tekanan jiwa.

B. Fungsi seni bagi sosial

Manusia adalah makhluk sosial yang memiliki kebutuhan akan interaksi dengan orang lain dan lingkungan nya. Dalam hal ini seni juga berfungsi sebagai media untuk pemenuhan kebutuhan sosial tersebut.

1. Seni sebagai media Agama atau Kepercayaan

Seni mempunyai peranan penting dalam penyampaian pesan religi atau agama kepada manusia. Hal ini bisa kita lihat dari busana atau pakaian, upacara pernikahan, upacara kematian, lagu rohani, kaligrafi, dan lain lain. Contoh fungsi seni dalam agama dapat kita lihat pada Candi Borobudur dan Candi Prambanan. Relief yang terdapat di dinding Candi tersebut merupakan ilustrasi kitab suci agama Budha dan Hindu.

2. Seni sebagai media pendidikan

Seni juga mempunyai peranan yang penting dalam dunia pendidikan. Pendidikan dapat di kelompokan dalam tiga kategori,yaitu

· Pendidikan formal: yaitu pendidikan di lingkungan sekolah

· Pendidikan non formal: yaitu pendidikan di lingkungan masyarakat.

· Pendidikan Informal: yaitu pendidikan di lingkungan keluarga

3. Seni sebagai media Informasi

Melalui seni juga kita bisa menjelaskan sesuatu kepada orang lain dengan lebih mudah. Misalnya penggunaan poster yang bernilai seni dimana di dalam nya terdapat informasi tentang apapun.

4. Seni sebagai media hiburan

Sebagian besar yang berkaitan dengan hiburan mengandung unsur seni dimana para pelaku seni dapat mengekspresikan diri secara aktif atau pasif. Seorang seniman dapat meerasakan senang, marah, terharu ketika karya nya disukai atau tidak disukai orang lain. Begitupun individu yang melihat, mendengar, merasakan sebuah karya seni. Manusia bisa merasa terhibur ketika melihat sebuah lukisan, menonton bioskop, atau menonton sebuah konser musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar