Rabu, 01 Januari 2020

GENERASI MUDA INDONESIA HARUS MENGENAL KEBUDAYAAN BANGSA NYA SENDIRI

Seiring dengan zaman yang semakin berkembang dan modern ini, para generasi muda dimanjakan dengan segala kemudahan teknologi yang ada. Dengan kemudahan teknologi yang ada budaya dari luar pun dapat dengan mudahnya masuk dan di nikmati dengan mudah oleh generasi muda seperti kita ini.

Dengan kemudahan teknologi, generasi muda dapat dengan mudah menikmati segala fasilitas yang ditawarkan oleh canggihnya teknologi saat ini. Semakin majunya teknologi seperti sekarang ini dapat membawa dampak positif serta negatif loh bagi para generasi muda seperti kita ini.

Kemajuan teknologi dapat dikatakan membawa dampak positif apabila kita dapat mengaplikasikannya di dalam kehidupan sehari hari dengan tujuan yang positif pula seperti contohnya untuk bahan pembelajaran dan mencari informasi mengenai budaya yang kita miliki.

Namun, disatu sisi dengan semakin canggihnya teknologi ini bisa membawa dampak negatif loh, seperti salah satunya generasi muda saat ini mulai melupakan budaya-budaya yang dimiliki oleh negerinya sendiri dan lebih mencintai budaya-budaya luar yang masuk ke negeri kita ini.

Sebagian generasi muda sekarang terkadang menganggap hal-hal yang berkaitan dengan budaya milik negeri tercinta ini seperti tarian daerah, lagu daerah, bahasa daerah, bangunan daerah serta situs budaya, merupakan hal yang dianggap ketinggalan zaman dan kuno, sebagian generasi muda saat ini lebih memilih menyibukan diri mereka dengan segala kecanggihan teknologi yang ada dan lebih memilih mencintai budaya-budaya luar yang mereka anggap lebih modern serta populer dibanding budaya yang dimilikinya sendiri.
Padahal jika digali lebih lanjut, kebudayaan kita ini merupakan warisan yang harus generasi muda seperti kita ini jaga dan kita lestarikan loh agar terus berdiri kokoh dan tetap ada di zaman yang semakin modern ini.

Jika kita mau untuk mempelajari dan mencari tahu kebudayaan kita lebih mendalam, kita akan turut merasakan keasikan dan kesenangan tersendiri ketika kita mempelajari hal-hal yang ada didalamnya, bahkan kita akan takjub dan terpesona pada keindahan dan keanekaragaman budaya–budaya yang dimiliki oleh negara kita kini.
Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengenal dan mencintai budaya kita sendiri, generasi muda saat ini sudah mengenal dengan apa itu yang dinamakan dengan teknologi, maka dengan kemudahan teknologi yang ada generasi muda juga sebenarnya bisa loh memanfaatkannya untuk lebih mengenal luas budaya kita sendiri. Seperti, kita bisa mencari informasi menarik mengenai apa saja budaya-budaya yang terdapat di Indonesia itu.
Generasi muda juga bisa mendatangi serta mengenal warisan sejarah dan budaya yang ada di Indonesia ini. Selain itu, generasi muda bisa juga loh mengenalkan ada apa saja sih yang ada pada budaya di Indonesia ini melalui sosial media yang dimiliki agar budaya kita semakin di ketahui oleh generasi muda lainnya dan tertarik untuk mempelajari, mengunjungi hingga mencintai budaya Indonesia.
Selain itu tidak ada salahnya loh kita mengunjungi pameran budaya, museum-museum yang terdapat banyak di Indonesia yang menyediakan peninggalan-peninggalan bersejarah yang berkaitan dengan budaya-budaya di Indonesia yang wajib kita lihat dan mencari informasi yang terdapat disana agar menambah wawasan kita.
Ataupun kita juga bisa mengunjungi sanggar tari tradisional, siapa tahu kita tertarik untuk ikut serta menari dan melestarikan tarian tradisional Indonesia agar semakin di kenal oleh generasi muda lainnya. Jadi untuk para generasi muda yuk kita cintai budaya kita sendiri agar budaya yang kita miliki ini terus ada hingga ke generasi-generasi berikutnya.
Warisan budaya itu semua adalah cerminan, bahwa leluhur kita bangsa Indonesia memiliki kecerdasan yang luar biasa dalam menciptakan karya budaya beserta simbol-simbol filosofinya. Saya yakin, bahwa ini semua untuk diwariskan kepada anak cucunya, kita semua di jaman milenial ini.
Di jaman sekarang, di mana kemajuan teknologi telah demikian pesat, tak seharusnya kita lalai dengan peninggalan-peninggalan bersejarah tersebut, karena muatan-muatan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia tersimpan di setiap karya-karya itu.
Kemajuan teknologi internet dengan kemampuanya menembus batas-batas geografis, bahkan seakan dunia tak berjarak, bukanlah penghalang untuk tetap melestarikan budaya-budaya kita sendiri. Menebarnya informasi tentang pola kehidupan beserta budaya Barat, Timur, dan berbagai macam asal dan bentuknya, seakan meretas dan membongkar akar budaya bangsa Indonesia yang notabene adalah budaya Timur.
Ini adalah tantangan kita bersama. Maka jika kita lalai akan budaya sendiri, sama saja mencabut akar dari budaya Indonesia, yang akan melahirkan budaya yang tak beridentitas, bahkan akan terjebak kepada euforia budaya asing yang tak jelas arahnya.
Di sini perlu ditekankan pula, bahwa mencintai budaya bangsa sendiri, bukan lantas bisa dikatakan kuno dan ketinggalan jaman. Paradigma ini yang perlu dipegang oleh generasi milenial sekarang ini. Justru mencintai kebudayaan bangsa sendiri adalah kekuatan untuk mendobrak budaya asing yang akan masuk di Indonesia. Di samping itu, citra kemandirian bangsa Indonesia akan tampak, jika bangsa Indonesia tetap menjaga kelestarian budayanya.

Ada beberapa untuk generasi milenial terhadap budaya bangsa Indonesia, di tengah maraknya teknologi informasi yang malang melintang menebarkan berbagai macam pola hidup dan budaya asing. Di antaranya adalah:
1. Generasi milenial harus bisa menjaga budaya tradisi asli bangsa Indonesia, karena ini adalah identitas dan bernilai luhur dari nenek moyang bangsa Indonesia.
2. Kemajuan teknologi justru bisa kita manfaatkan untuk mengemas secara kreatif budaya asli bangsa Indonesia untuk diperkenalkan di dunia internasional.
3. Mencintai budaya asli Indonesia bukanlah hal yang kuno dan ketinggalan jaman. Justru akan bernilai positif jika bisa dengan kreatifitas menampilkan dan memperkenalkan kepada dunia. Banyaknya orang asing yang belajar tentang budaya Indonesia telah membuktikan, bahwa budaya Indonesia mempunyai nilai yang tinggi dan layak untuk dipelajari dan bahkan harus dilestarikan.
Mencintai dan melestarikan budaya asli bangsa Indonesia mestinya tak menghalangi kita dalam belajar ilmu sampai di negeri manapun. Di Perancis misalnya, mahasiswa Indonesia bisa memperkenalkan budaya Indonesia di negeri yang terkenal fashionnya ini. Pola hidupnya pun tak perlu berubah, tetap memegang nilai-nilai budaya Indonesia, dan tak perlu hingar-bingar mengikuti budaya asing.

Itulah pentingnya generasi muda milenial menjaga budaya asli bangsa Indonesia di tengah maraknya teknologi informasi yang seakan tak berbatas.

Untuk itu dizaman yang serba modern ini kita sebagai penerus bangsa Indonesia harus memajukan Bangsa Indonesia terutama bidang budaya karena itu adalah kelebihan bangsa Indonesia, nah jika kelebihan itu hilang maka Indonesia akan dipandang sebelah mata oleh Negara lain. Lalu kita sebagai pewaris bangsa harus menumbuhkan kesadaran terhadap tiap-tiap masyarakat Indonesia mengenai pentingnya menjaga kebudayaan Indonesia. Kita juga harus mengajarkan kebudayaan Indonesia pada anak bangsa dan memanfaatkan teknologi serta kesempatan yang ada untuk mengenalkan kepada negara lain apa itu budaya Indonesia.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar